Tanaman Penyerap Racun untuk Rumah

Desain yang menggunakan konsep back to nature saat ini sangat diminati oleh kebanyakan orang. Rumah yang menggunakan konsep desain jenis ini, selain terkesan indah juga menampilkan suasana yang alami. Selain itu, tanaman hias didalamnya juga memilki banyak manfaat. Katakan saja salah seperti tanaman penyerap racun yang berperan membuat udara di dalam rumah lebih steril.

Dikutip dari elokfarm.com polusi terus mengalami peningkatan termasuk di Indonesia. Padahal polusi mengadung beragam zat yang beracun yang dapat membahayakan tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk menanam tanaman hias sejenis ini agar racun tesebut tidak masuk ke dalam tubuh.

Ada berbagai jenis  tanaman penyerap racun udara, sebagai berikut :

Suplir

Suplir mampu untuk menyerap racun yang ada di lingkungan Anda agar tidak masuk ke dalam tubuh. Udara yang di sekitar tanaman ini akan terasa lebih bersih dan segar. Saat ini suplir sangat terkenal sebagai tanaman hias yang bisa Anda letakkan di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman ini membutuhkan tanah yang gembur dan sinar matahari yang cukup.

Pakis Boston

Pakis pedang atau pakis boston mempunyai kemampuan melembabkan udara dan menyerap racun di sekitarnya. Tanaman penyerap racun ini juga mampu menciptakan suasana rileks dengan memberikan efek tenang pada lingkungan disekitarnya. Pecinta tanaman hias menggunakannya sebagai pelengkap desain indoor karena tidak dapat menahan panas matahari.

Peace Lily

Bunga peace lily berbeda jenis dengan bunga lily. Tanaman ini lebih sering digunakan di dalam rungan karena tidak memerlukan sinar matahari dalam jumlah banyak. Warnanya yang indah sangat cocok digunakan sebagai hiasan ruangan dalam rumah Anda. Selain itu, bunga ini juga berfungsi untuk menyerap zat-zat berbahaya dalam tubuh, contohnya benzena, xilena, toluene dan formaldehid.

Lidah Buaya

Aloe Vera atau lidah biaya sudah banyak dikenal banyak orang. Tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan, diantaranya untuk perawatan wajah dan rambut. Selain itu, lidah buaya juga mempu menyaring polutan di udara dan menyerap zat-zat berhayanya. Rumah minimalis sangat cocok apabila menggunakan hiasan tanaman penyerap racun ini karena ia sangat fleksibel.

Krisan atau Seruni

Bunga krisan atau seruni merupakan bunga yang sangat cocok untuk dijadikan hiasan baik di dalam maupun di luar rungan. Warna dari bunga ini bermacam-macam, seperti merah, kuning, oranye, putih dan ungu. Keindahan dari bunga ini membuat betah siapapun yang memandangnya. Selain itu, seruni juga bisa menyerap berbagai zat berbahaya, diantaranya formaldehyde, xylene dan ammonia.

Aster Gerbera

Bunga aster gerbera sangat indah jika dipandang karena warnanya yang begitu menarik. Selain itu, bunga ini bermanfaat untuk untuk menyerap racun di udara. Bagi penderita insomnia dan ganguan pernafasan bisa mencoba meletakkanya di kamar Anda. Tanaman penyerap racun ini sangat baik dalam menghasilkan oksigen akan membantu memperlancar pernafasan dan  mengatasi sulit tidur.

Selasih atau Basil

Selasih atau basil banyak dijumpai baik sebagai tanaman hias atau sebagai bumbu campuran dalam makanan. Tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan diantanya sebagai anti septik, anti bakteri dan depresan. Kemudian, selasih juga berfungsi untuk menyerap beragam zat berbahaya bagi tubuh. Udara di sekitarnya akan tersaring dan menjadi lebih segar apabila dihirup.

Chinese Evergreens

Tanaman hias ini juga baik untuk menyaring udara di sekitar Anda. Kemudian, tanaman penyerap racun ini juga berfungsi sebagai pencegah terjadinya penyakit kanker. Meletakkannya di kamar mandi sangat baik untuk menghilangkan formaldehyde yang dapat memicu pertumbuhan kanker di tubuh Anda. Alangkah lebih tepatnya jika diletakkan di dekat pancuran kamar mandi maupun shower.

Anggrek Bulan

Anggrek bulan selain mempunyai bentuk dan warna yang sangat indah juga berguna untuk menyerap beragam zat berbahaya. Salah satunya adalah zat xylene yang berasal dari asap rokok serta cat dinding. Tanaman ini juga mampu mengeluarkan oksigen pada malam hari. Meletakkan bunga ini di ruang tamu Anda pasti tidak akan rugi karena keindahan dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Palem Kuning

Palem kuning mempunyai ciri khas tersendiri, yakni daun dan batangnya cenderung berwarna kuning. Ketinggian tanaman ini bisa mencapai 6 m. Namun, tetap cocok ketika digunakan sebagai pelengkap dekorasi indoor asalkan diletakkan di area yang tepat.

Kemampuan palem kuning dalam menyerap berbagai zat berbahaya lebih baik dari tanaman penyerap racun lainnya. Volume dan jenis racun yang diserap pun lebih banyak.

Sirih Belanda

Sirih belanda merupakan tanaman yang sering dijumpai. Tanaman ini dapat Anda letakkan di dalam maupun di luar ruangan. Racun benzene dan formaldehyde yang terdapat dalam asap rokok dapat diserap oleh tanaman ini. Padahal, asap rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gangguang sistem pernafasan, kanker paru, kerusakan pada jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Meletakkan tanaman penyerap racun yang satu ini bisa mengurangi risiko terkena penyakit tersebut. Oleh sebab itu, menjadikan tanaman sebagai pelengkap dekorasi di rumah Anda menjadi sangat penting. Khususnya bagi yang tinggal diwilayah perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *