Manfaat Air Mawar

Air mawar itu baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Jadi, selain bunga mawar itu sendiri kerap dijadikan sebagai lambang cinta. Ternyata maanfaat  bunga mawar tidak hanya sebagai penghias kebun dan interior rumah saja namun juga untuk kecantikan dengan cara memanfaatkan air mawar. Air mawar atau rose water ini sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun silam menjadi ramuan tradisional dan produk kecantikan. Air mawar dihasilkan dari penyulingan kelopak mawar. Sehingga, terbentuklah cairan aromatik dan minyak mawar yang menyehatkan.

Manfaat Air Mawar

manfaat air mawar

Manfaat air mawar dibidang kecantikan ini tak lepas dari kandungan bahan yang ada didalamnya di hampir semua jenis bunga mawar. Yaitu, mengandung anti bacterial dan anti septic yang bisa memberikan efek relaksasi di kulit wajah. Selain itu, sifat air mawar sendiri juga bisa menjadi anti inflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan dan ruam di kulit. Tidak hanya itu saja, ternyata di dalam air mawar itu juga kaya akan vitamin E, C,dan A.

Dengan ketiga vitamin yang tersimpan didalam bunga mawar inilah membuatnya ampuh dalam melawan masalah penuaan dini. Tak heran bila kemudian banyak pakar kecantikan sering menggunakan air mawar ini sebagai bahan untuk pembuatan produk skin care mereka. Karena memang khasiatnya benar-benar ampuh untuk mengatasi berbagai macam keluhan di kulit. Berikut ini adalah manfaat air mawar untuk kecantikan kulit, antara lain:

Air mawar bisa digunakan sebagai toner wajah alami

Karena airnya ini dapat memberikan efek yang menyegarkan pada kulit wajah. Anda juga dapat menuangkan air mawar ini ke dalam kapas. Setelah itu, tepuk-tepuk saja kapas tersebut di permukaan wajah. Supaya hasilnya lebih  maksimal, sebaiknya gunakan air mawar ini sebagai toner alami secara rutin sebelum tidur.

Air mawar bisa mencegah timbulnya jerawat

Antiseptic yang terdapat didalam air mawar ini berguna sekali untuk mengatasi masalah bakteri penyebab kulit berjerawat. Maka dari itulah, jika Anda memiliki masalah jerawat di kulit, sebaiknya manfaatkan air mawar  untuk toner di pagi hari sesudah membersihkan wajah ataupun disaat akan memakai produk skin care. Dengan pemakaian rutin, masalah jerawat akan teratasi.

Secara natural mencerahkan kulit wajah

Karena didalamnya kaya akan kandungan vitamin A dan E, sehingga air mawar ini juga bisa mencerahkan kulit wajah secara alami. Dengan kandungan vitamin yang ada didalamnya, maka proses eksfoliasi kulit wajah bisa berlangsung dengan baik. Sementara itu, karena air mawar bersifat antioksidan alami. Sehingga, kandungannya dapat memperkuat sel kulit, sekaligus meregenarasi jaringan kulit dengan baik.

Ampuh mengatasi penuaan dini

Dengan menggunakan air mawar, maka masalah penuaan dini teratasi. Hal ini dikarenakan didalam bunga mawar itu menyimpan formula rose hip seeds. Yaitu, zat yang mempunyai kandungan vitamin C terbanyak untuk antioksidan. Sehingga, nutrisinya dapat meresap ke kulit dan meminimalisir timbulnya kerutan dan garis-garis halus di wajah. Sehingga, penuaan dini bisa dicegah sejak dini.

Mengatasi masalah kemerahan di wajah karena jerawat

Manfaat air mawar lainnya adalah bisa meredakan masalah peradangan di kulit wajah. Hal ini dikarenakan didalam kandungan air mawar ini bersifat inflamasi. Sehingga, bila digunakan secara rutin, air mawar dapat membantu mengatasi masalah kemerahan di kulit akibat jerawat, iritasi, dan masalah kulit yang lainnya. Disamping itu, air bunga mawar juga berguna untuk mengontrol minyak di kulit yang berlebihan dan mengangkat sisa-sisa kotoran penyebab komedo.

Sebagai teman relaksasi

Dengan pemakaian secara rutin, air mawar bisa memberikan efek relaksasi yang menenangkan. Jadi, selain bisa memberikan kesegaran bagi penggunanya, air mawar juga bisa memberikan efek relaksasi pada penggunanya. Maka dari itulah air mawar sangat cocok sekali dimanfaatkan untuk campuran air rendaman dengan air hangat. Dengan memasukkan 2 gelas ekstrak air mawar ke dalamnya, Anda bisa menggunakannya untuk merileksasi tubuh saat mandi dengan rendaman air mawar.

Mengusir ketombe di rambut

Tidak hanya bisa mengatasi masalah kulit wajah saja, ternyata manfaat air mawar itu juga berguna sekali untuk membantu mengatasi masalah ketombe di rambut. Selain itu, air mawar ini juga ampuh mengobati peradangan di kulit kepala. Bahkan, ternyata air mawar juga efektif dijadikan sebagai conditioner alami yang dapat memberikan nutrisi terbaik untuk menjaga pertumbuhan rambut.

Tips dan Cara Membuat Air Mawar        

Ada banyak bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Salah satunya bisa menggunakan air mawar. Air mawar ini selain bisa digunakan untuk meningkatkan kelembaban alami di kulit, ternyata air mawar juga ampuh mengatasi masalah kemerahan di kulit, jerawat, iritasi, dan bisa membuat kulit wajah lebih cerah secara alami. Kabar baiknya adalah, kini ada cara membuat air mawar sendiri di rumah yang mudah dengan beberapa langkah berikut ini!

1. Persiapkan dulu bahan-bahannya

Yaitu, kelopak bunga mawar yang masih segar sebanyak 150 gr, dan air bersih sebanyak 475 ml. Untuk proses pembuatan air mawar ini sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun, kali ini akan dibuat proses pembuatan air mawar menggunakan kelopak bunga mawar yang masih segar untuk bahan dasarnya.

2. jangan lupa memilih bunga mawar yang masih segar.

Bagi yang menanam bunga mawar di rumah tentu bukan hal sulit untuk mennyediakan bunga mawar sebagai bahan utama atau lebih mudahnya kamu bisa membeli dipasar bunga terdekat dan jangan lupa juga memilih bunga dengan kelopak yang segar, karena semakin segar bunganya, kualitas air mawarnya bisa semakin bagus. Maka dari itulah, sebaiknya pilih bunga mawar yang bebas dari pestisida. Agar aroma air mawarnya lebih segar, ada baiknya gunakan kelopak bunga dari varian mawar yang sama. Karena jenis bunga mawar ada banyak.

3. Mencuci bersih bunga mawar

Setelah menentukan kelopak bunganya, cuci bersih mawar itu sampai terbebas dari serangga dan kotoran yang menempel. Cabut kelopak bunga mawar. Untuk membuat air mawar dari 150 gr kelopak bunga mawar ini bisa didapatkan dari 2 batang bunga mawar saja. Setelah itu, letakkan kelopak bunga mawar ke dalam panci dan masukkan air.

4. Merebus kelopak bunga

Setelah itu, rebus kelopak bunga mawar ini di atas kompor menggunakan api kecil. Tutuplah pancinya dengan rapat. taruh di atas kompor dan panaskan menggunakan api kecil hingga 20 menit. Jangan memanaskan di api yang terlalu besar. Karena itu bisa merusak khasiat dari air mawar itu sendiri jika dipanaskan di suhu yang terlalu tinggi.

5. Masukan airnya ke dalam botol

Bila sudah, segera saring dan masukkan saja air mawar tersebut ke dalam botol atau toples khusus. Tunggu sampai suhu airnya menjadi dingin sebelum ditutup botolnya. Bila sudah dingin, maka tutup botol tersebut. Kini air mawar sudah siap dipakai. Anda bisa menyimpannya ke dalam lemari es agar khasiatnya bisa bertahan lebih lama lagi.

Baca juga: Cara Merawat Bunga Mawar

Nah, itu tadi adalah cara paling mudah untuk membuat air mawar. Jadi, praktis sekali bukan? Kini Ada bisa menyimpan air mawar buatan Anda sendiri ke dalam lemari es sampai dengan 6 bulan. Selain lebih mudah, tentu saja cara ini jauh lebih aman. Karena Anda bisa memilih sendiri bahan pembuatannya. Dimana semuanya bisa dipastikan aman dari pestisida. Sehingga, manfaat air mawar ini bisa benar-benar dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *