Jenis Bunga Mawar

Jenis bunga mawar itu ada banyak. Sehingga, hal ini terkadang membuat beberapa orang menjadi bingung untuk memilihnya, bukan Cuma memilih untuk mendapatkan manfaat bunga mawar, tapi juga untuk estetika keindahan sebagai penghias taman dan ruangan. Karena setiap warna memiliki kharakteristik dan kelebihan  yang berbeda-beda. Semuanya memiliki aroma dan ciri khas tersendiri. Maka dari itulah, supaya lebih mudah mengenalnya, kali ini akan kami kupas selengkapnya tentang macam-macam bunga mawar dan klasifikasinya lebih jauh lagi.

Jenis Bunga Mawar yang Tersebar di Dunia

Macam-macam bunga mawar di dunia itu ada banyak. Sehingga, bisa dipastikan ada beberapa jenis mawar yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Karena tidak semua jenis bunga mawar bisa ditemukan di Indonesia. Maka dari itulah, kali ini akan kami perkenalkan tentang macam-macam bunga mawar yang hidup di dunia dan populer saat ini, antara lain:

1. Mawar Musk (nama latin Rosa moschata)

mawar musk

Nama ilmiahnya adalah Rosa moschata. Jenis tanaman ini sudah dibudidayakan sejak abad ke-16. Jenis bunga mawar ini termasuk ke dalam tanaman merambat yang bisa merambat hingga 10 meter. Mawar ini akan mekar di akhir musim semi hingga musim gugur. Mawar musk mempunyai rambut di area biji bawah daging buahnya. Rambut mawar ini bisa mengakibatkan terjadinya iritasi bila terkena kulit dan menimbulkan masalah pencernaan jika dimakan.

2. Mawar Kubis yang beraroma kuat

mawar kubis

Jenis mawar ini memiliki nama ilmiah Rosa centifolia. Jenis mawar ini termasuk mawar hibrida yang sudah dikembangkan sejak abad ke-17. Mawar ini sangat beraroma kuat. Mahkota bunganya juga sangat besar dan bertumpuk layaknya kubis. Maka dari itulah, bunga ini kerap disebut dengan mawar kubis. Namun, meskipun terlihat indah, ternyata perawatannya cukup sulit dan tidak bisa hidup di sembarangan tempat.

3. Mawar Eden si banyak mahkota

gambar mawar eden

Jenis mawar yang satu ini disebut juga dengan Pierre de Ronsard. Sebutan ini diciptakan Marie Louise Meilland. Mawar ini diperkenalkan publik di ajang Meilland International di tahun 1985 yang lalu di Perancis. Mawar ini memiliki diameter bunga sebesar 10 cm dan mahkota bunganya bisa sebanyak 70 helai. Sedangkan tinggi mawarnya bisa mencapai 330 cm.

Baca juga: ciri-ciri bunga mawar

Jenis Bunga Mawar Ini Banyak Tumbuh di Indonesia

Jika bunga mawar yang disebutkan sebelumnya hanya bisa tumbuh di negara lain saja. Kini akan kami perkenalkan jenis bunga mawar yang bisa hidup di Indonesia. Jadi, meskipun tanaman ini sebenarnya bukan dari daerah tropis. Namun ternyata beberapa tanaman mawar berikut ini bisa hidup dengan baik saat ditanam di Indonesia. Berikut ini adalah jenis mawar yang bisa tumbuh di daratan Indonesia, antara lain:

Mawar Putri, berbunga ganda

mawar putri

Bunga mawar yang satu ini memiliki kharakteristik berwarna merah tua dan termasuk ke dalam bunga ganda. Karena mawar ini memiliki 2 alat kelamin sekaligus. Diameter mahkotanya bisa mencapai 11,5 cm ketika sedang mekar. Aroma yang dihasilkannya juga lebih harum dibandingkan mawar pada umumnya. Tak heran bila jenis ini paling laris di pasaran.

Mawar Talitha, cocok untuk bunga hias potong

gambar bunga Mawar Talitha

Jenis mawar yang satu ini juga merupakan bunga ganda. Diameter mahkotanya bisa mencapai 8 cm saat sedang mekar. Sedangkan tingginya dapat mencapai 83 cm. Mawar ini biasanya dibudidayakan dan dipetik untuk bunga hias potong. Saat bunga ini potongannya diletakkan ke dalam vas, maka kesegarannya bisa bertahan hingga 9 hari.

Mawar Mega Putih, bermahkota sebanyak 130 helai

mawar mega putih

Bunga mawar yang satu ini memiliki mahkota yang mengeriting dibagian pinggirnya. Ukuran diameternya bisa mencapai 12 cm. Sedangkan helai mahkotanya bisa sebanyak 130 helai. Meskipun mahkota bunganya terlihat besar, namun ternyata aroma yang dihasilkan tidak begitu tajam. Bunga mawar ini sering dijadikan sebagai bunga potong karena kesegarannya bisa bertahan sampai dengan 9 hari sesudah dipetik.

Mawar Pertiwi dan Mawar Megawati

bunga mawar pertiwi

Untuk mawar pertiwi ini berwarna merah muda. Bunga ini memiliki ukuran diameter sebesar 9 cm dengan panjang tankai sebesar 7 cm. Durinya lebih sedikit dari mawar yang lain. Sedangkan, untuk mawar megawati ini berwarna merah orange. Diameter bunganya mencapai 11 cm. Sementara panjang tangkainya bisa mencapai 57 cm.

Jenis Bunga Mawar yang Langka

Meskipun varian bunga mawar itu terlihat mudah dikembangkan dan bisa ditemukan dimana-mana. Namun ternyata ada juga jenis mawar yang dianggap langka. Karena jumlahnya terbatas. Sehingga, mawar yang akan disebutkan kali ini sulit sekali ditemukan dimana-mana. Berikut ini adalah deretan bunga mawar yang langka dan masih jarang ditemukan di dunia, antara lain:

Mawar Juliet

mawar juliet

Bunga mawar ini berwarna aprikot dan termasuk bunga mawar hibrida. Meskipun terlihat indah, sayangnya tidak semua orang dapat menikmati keindahan bunga mawar yang satu ini. Selain harganya yang mahal, bunga ini juga dibudidayakan dalam jumlah yang terbatas. Sehingga, hal ini membuatnya sering dimanfaatkan untuk dekorasi pernikahan dan jamuan mewah. Bahkan, kabarnya dulu David Austin rela mengeluarkan 59 Miliar rupiah untuk membuat mawar ini.

Mawar Biru

gambar mawar biru

Dulu mawar berwarna biru ini sebenarnya hanya muncul dalam kisah fiksi saja yang mencelupkan mawar putih ke cat berwarna biru. Namun, berkat ilmuwan dari Suntory, akhirnya mereka bisa memperlihatkan bunga mawar berwarna biru yang pertama di dunia di tahun 2008. Bunga ini dihasilkan dari modifikasi gen agar mawar bisa menciptakan delhinidin sebagai bahan pembuat warna biru pada mawar.

Klasifikasi dari Bunga Mawar

Berdasarkan klasifikasinya, bunga mawar itu terdiri atas berbagai macam jenis yang dibedakan dari habitatnya. Diantaranya meliputi:

  1. Floribunda
  2. hybrid tea
  3. grandiflora
  4. polyantha
  5. climbing rose

Jenis mawar hybrid tea adalah jenis mawar yang memiliki bunga tunggal dengan ukuran yang lebih besar dari bunga mawar pada umumnya. Selain itu, jenis bunga mawar ini umumnya memiliki susunan bunga yang kompak dan tangkai bunganya lebih panjang. Maka dari itulah, bunga ini kerap dijadikan sebagai bunga potong.

Sedangkan klasifikasi mawar floribunda adalah jenis mawar yang tangkainya sedikit panjang, dan memiliki bunga yang rangkaiannya besar. Kemudian, untuk jenis mawar polyantha merupakan jenis mawar yang rangkaian bunganya kecil. Sedangkan, untuk mawar grandiflora merupakan jenis mawar yang berasal dari kombinasi sifat floribunda dan hybrid tea. Sehingga, hal ini membuatnya kerap dijadikan sebagai tanaman taman dan bunga potong.

Sedangkan untuk yang terakhir ada climbing rose. Bunga mawar ini termasuk dalam tanaman rambat yang memiliki bunga rangkap dan tunggal. Dilihat dari segi klasifikasinya, untuk klasifikasi bunga mawar ini termasuk jenis tanaman perdu yang berbuah, dengan akar tunggang dan banyak cabang akarnya. Sedangkan untuk batangnya berduri dengan ketinggian tanaman dari 0,3 meter hingga 0,5 meter. Selanjutnya dari segi sistematika taksonominya, klasifikasi dari bunga mawar ini secara lengkap tergolong ke dalam Kingdom Plantae dari Divisi Spermatophyta. Sedangkan untuk sub divisinya adalah Angiospermae dari kelas Dicotyledonae. Untuk ordo masuk Rosanales dari family Rosaceae. Kemudian, untuk genusnya masuk Rosa dari spesies Rosa hybridia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *