Cara Menanam Bunga Mawar

Tanaman hias itu selain bisa menjadi pelengkap rumah, juga sangat berperan dalam mempercantik pekarangan rumah. Diantara contoh tanaman yang biasa di tanam di halaman adalah bunga mawar,  dahlia,  kembang sepatu, dll. Namun dari sekian banyak tanaman hias, yang paling banyak digandrungi oleh para pemilik hunian sekarang ini adalah tanaman bunga mawar.

Dengan menanam mawar, halaman rumah menjadi lebih indah. Selain itu, bentuknya juga cukup menarik perhatian, begitu juga dengan warnanya yang beragam, selain mempunyai arti di masing-masing warna, bunga mawar juga mampu memberikan kesejukan untuk yang melihatnya. Karena begitu banyak poin positifnya, tanaman ini menjadi sering dibeli dan mudah didapatkan di berbagai toko bunga karena harga bunga mawar untuk beberapa jenisnya memang terbilang terjangkau. Sehingga, hal ini menjadikannya sebagai nilai plus tersendiri bagi pecinta bunga.

Bunga mawar kerap dijadikan sebagai alternatif tanaman yang bisa dibudidayakan di dalam rumah dan di luar rumah. Selain itu, proses penanamannya dan cara merawat bunga mawar juga cukup mudah! Hanya dengan menggunakan bibit yang diolah sendiri saja, Anda bisa dengan mudahnya menanamnya. Apalagi, tanaman ini juga cepat beradaptasi di semua kondisi tanah. Baik itu kering maupun sedang basah/ di wilayah tropis dataran rendah dan tinggi. Sehingga, hal ini semakin memanjakan para pecinta bunga untuk menanamnya di rumah.

Cara Menanam Mawar Menggunakan Batang Stek

arti-bunga-mawar-merah

Untuk menanamnya cukup mudah. Hanya menggunakan media pot saja yang berisikan tanah gembur yang mudah didapatkan, Anda sudah bisa langsung menanamnya. Selain itu, Anda juga bisa menanamnya menggunakan stek. Namun, sebelum itu Anda harus mempersiapkan batang tunggal mawar dulu untuk bahan utama dalam stek. Lebih lengkapnya simak cara menanam mawar dengan stek berikut ini!

Alat dan Bahan

Sebelum menanamnya, sebaiknya pilih indukan yang masih segar. Sehingga hasil bunganya menjadi lebih cantik. Berikut ini adalah alat dan bahan yang harus disiapkan untuk menanam bunga mawar dengan menggunakan stek batang, selain batang dari mawar itu sendiri. Yaitu:

  • Satu toples air.
  • Siapkan wadah .
  • Garpu sendok tanah.
  • Pisau atau gunting taman.
  • Pupuk.
  • Pensil atau ranting pohon.
  • Hormon penumbuh akar.
  • Spiritus.

Langkah-Langkah Menanam Mawar

Setelah memilih batang indukan yang tepat, potong batang dengan ukuran 15 hingga 20 cm menggunakan gunting. Usahakan guntinglah dengan tajam. Lalu tempelkan ke daun bunga mawar dengan posisi agak miring (berdekatan)  dengan kemiringan 45 derajat. Sebaiknya dipotong di saat pagi hari dengan kondisi siklus cahaya matahari yang masih sangat baik. Selain itu,  untuk melakukan stek diharapkan untuk membersihkan alat-alat yang akan diperlukan menggunakan spritus dulu sebelum digunakan.

Supaya lebih steril serta aman bagi tumbuhan. Setelah itu, potong daun kecil yang berada disekitar batang untuk menghambat laju pertumbuhan daun tersebut. Gunakan gunting yang sangat tajam untuk mempermudah proses pemotongan. Lalu,  celupkan batang yang sudah ditempelkan oleh daun bunga mawar ke dalam wadah toples yang sudah berisikan air. Tepuk-tepuk terlebih dahulu batangnya, lalu oleskan hormon penumbuh akar lebih tepatnya dibawah batang bunga mawar.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat penumbuhan akar ketika sudah ditanam. Salah satu cara yang mempengaruhi proses tumbuh kembang bunga mawar adalah dengan memilih tempat yang terang serta pencahayaan yang banyak. Bisa juga ditanam di dekat pipa maupun beberapa sumber air didekatnya. Setelah memilih tempat yang tepat, sediakan wadah untuk menanamnya. Tetapi jangan lupa berikan terlebih dahulu pupuk ataupun tanah yang gembur agar hasilnya sempurna.

Cara Menanam Mawar dengan Stek di Kentang

Selain cara konvensional atau menggunakan pot, ada juga cara menanam mawar yang cukup mudah dengan menggunakan kentang.  Jika ingin menerapkan sistem penanaman dengan unik dan berbeda dari biasanya, Anda bisa menggunakan media umbi-umbian. Akan tetapi, sebaiknya gunakan umbi yang sesuai dan bernutrisi baik sebagai bahan cadangan makanan. Agar nanti media ini bisa menyuburkan proses pembibitan mawar.

Salah satu contoh umbi yang sangat tepat untuk dijadikan media tanam adalah kentang. Mengapa harus kentang?  Karena kentang memiliki banyak nutrisi dan bisa dijadikan sebagai cadangan makanan bunga mawar. Jadi Anda tidak perlu menggunakan pot lagi. Anda juga bisa menggunakan jenis umbi-umbian seperti kentang sebagai pupuk. Kini Anda bisa menyimpan tanaman bunga di kentang sesuai selera Anda di berbagai sudut pekarangan rumah.

Cara Menanam Mawar dengan Bibit Mawar

Menanam bunga mawar memang memiliki banyak teknik. Adapun beberapa cara yang bisa dicoba dirumah adalah dengan menyebarkan bibit biji mawar di tanah. Cara ini mungkin terbilang cukup rumit. Karena tidak selamanya biji yang dihasilkan berkecambah. Anda harus bisa memilih bibit yang tepat. Maka dari itulah, jika serius ingin mencobanya, berikut ini beberapa langkah untuk menanam bunga mawar menggunakan bibit:

1.Persiapkan bibit bunga mawar terlebih dahulu

Cara biarkan bunga mawar mati di pot dan jangan dibuang. Karena proses pembuahan bunga akan diproses melalui media serangga. Lalu, persiapkan wadah untuk mengeluarkan biji bunga didalam bunga mawar dengan menggunakan pisau tajam. Tapi, selalu ingat untuk mengeluarkan dan menyingkirkan biji yang ada dengan menggunakan saringan.

2. Persiapkan potnya

Cara di atas bertujuan untuk menghindari pengghambatan pertumbuhan yang mungkin bisa terjadi ketika mengeluarkan biji bunga mawar. Kemudian, persiapkan potnya. Anda bisa menggunakan pot tanah, pot semen, maupun pot plastik sesuai dengan selera Anda. Dengan minimal diameter kurang lebih 20 cm. Untuk ukurannya pun bisa disesuaikan dengan selera. Akan tetapi disarankan memilih ukuran yang sedang, agar hasil pembibitan dapat berjalan dengan baik dan merata.

3. Sebarkan Bibit

Untuk menanamnya, usahakan pot atau wadah yang ingin digunakan tersebut diisi dengan tanah atau kerikil pasir sebagai media penguburan. Setelah itu, sebarkan bibit bunga mawar ke beberapa daerah di dalam pot tersebut secara merata. Lalu, tepuk-tepuk dengan menggunakan jari tangan dan siram menggunakan air secara merata.

Nah, selain beberapa langkah tersebut, ada lagi hal yang paling penting disini adalah simpan pot tersebut di tempat yang belum terpapar sinar matahari. Tujuannya adalah supaya tanaman ini bisa beradaptasi dengan lingkungan. Setelah kurang lebih beberapa minggu kemudian, barulah simpan di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Sehingga, bunga dapat melakukan proses fotosintesis dengan baik.

Tips agar Berhasil Menanam Mawar

Supaya cara menanam bunga di atas berhasil, sebaiknya simak triknya dulu! Yaitu, jangan lupa letakkan tanaman di tempat yang terjangkau dari paparan sinar matahari. Jangan lupa gunakan spritus untuk menjaga peralatan yang akan digunakan agar lebih higienis. Sehingga, bakteri maupun kuman didalamnya bisa hilang dengan sempurna. Selain itu, jangan lupa gunakan tanah yang subur.

Baca juga: Manfaat Bunga Mawar

Simpan tanaman ini didalam pot. Bisa dari pot jenis apapun. Asalkan diameternya sekitar 20 cm. Karena idealnya pot itu harus berukuran 20. Tidak boleh lebih untuk mencapai hasil yang sempurna. Selain itu, sebelum proses penyiraman dimulai, gunakan media penyubur seperti tanah kerikil dan pasir untuk memberikan nutrisi bagi bibit bunga mawar. Terakhir, harus rajin menyiramnya menggunakan media air. Sehingga, mawar bisa tumbuh subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *