Cara Menanam Bunga Matahari

Sebenarnya menanam bunga matahari itu tidak sulit kok! Asalkan Anda tahu caranya, maka tidak ada yang tidak bisa ditanam. Maka dari itulah, sebelum berlanjut, sebaiknya perhatikan dulu serba-serbi dari bunga matahari itu sendiri.  Dimana bunga matahari merupakan bunga yang berasal dari nama latin, Heliantus annuus L. Bunga ini sangat populer di dunia. Karena bentuknya sangat nyentrik dan khas, begitu juga dengan warnanya yang mencolok.

Bunga ini kerap dibudidayakan sebagai tanaman hias dan diambil minyak beserta bijinya. Untuk ukuran bunganya rata-rata cukup besar. Bisa mencapai 30 cm dengan bentuk bunga terlihat bulat. Dilihat dari manapun, bunga matahari ini termasuk ke dalam bunga majemuk. Karena susunan bagiannya berasal dari ribuan bunga yang telah tumbuh menjadi 1 tangkai bunga.

Bunga matahari ini juga mempunyai perilaku yang khas dan berbeda dari bunga pada umumnya. Yaitu, bunga selalu mengahadap ke sinar matahari. Karena itulah nama bunga ini adalah bunga matahari. Bunga ini menjadi bunga nasional di negara Ukraina dan di negara bagian Kansas, yang ada di Amerika. Anda bisa melihat penampakan gambar bunga matahari ini dimana-mana saat singgah di negara tersebut.

Ciri Ciri Bunga Matahari

gambar bunga matahari

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa bunga ini memiliki ciri khas yang menarik sekali. Selain masuk dalam kategori tumbuhan dari Kingdom Plantae, family asteraceae, ordo arestales, dan masuk ke dalam genus heliantus. Ternyata bunga matahari juga memiliki ciri khas yang menarik yang membuatnya disukai oleh para pecinta bunga yang lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari bunga matahari yang jarang diketahui oleh orang-orang, antara lain:

1. Tingginya mencapai 3 hingga 5 meter

Bunga matahari ini yang tumbuh di kawasan AS dapat tumbuh hingga mencapai 3 meter dan 5 meter. Ketinggiannya bisa tergantung dari jenis variannya masing-masing. Untuk daunnya berbentuk lebar, dan batangnya memiliki rambut kasar. Sehingga, saat terkena kulit, kulit bisa menjadi gatal. Tumbuhnya terlihat tegak dari tanah dan bunga matahari jarang bercabang. Sehingga, dia selalu mempunyai 1 bunga saja dalam 1 batang.

2. Kelopak dengan ukuran besar

Ciri khas lainnya adalah bunga matahari terdiri atas 2 tipe. Yaitu, bunga tepi atau bunga lidah dan bunga tabung. Dinamakan sebagai bunga tepi karena bunga matahari ini termasuk bunga steril tanpa biji yang kelopaknya berukuran sangat besar. Sedangkan disebut sebagai bunga tabung karena bunga ini punya biji di bunganya. Bahkan, ada 2000 kuntum didalamnya.

3. Selalu menghadap matahari

Bunga matahari mempunyai pergerakan sendiri. Maka dari itulah, bunga ini kerap disebut dengan bunga heliotropisme karena bisa mengikuti arah matahari berjalan. Maka dari itulah, bunga ini disebut dengan bunga matahari karena bentuknya hampir mirip seperti matahari secara imajiner. Dengan pergerakan itu pula bunga ini bisa melakukan proses fotosintesis dengan sempurna.

4. Terdapat buah berbentuk kurung

Dalam bunga ini ada buah yang bentuknya kurung. Sedangkan untuk biji bunganya sebenarnya terdapat pada buah lain yang melindungnya dan memiliki kulit yang keras dan tebal. Menariknya lagi adalah, ternyata biji bunga matahari ini juga bisa dikonsumsi dan diambil minyaknya. Karena didalamnya mengandung lemak tak jenuh. Sehingga, baik untuk menjaga kesehatan tubuh bila dikonsumsi.

Filosofi Bunga Matahari

filosofi bunga matahari

Sebelum mengupas tentang bagaimana menanam bunga matahari dengan benar. Kali ini akan dikupas dulu serba-serbi tentang filosofi dari bunga mawar yang sebenarnya. Karena, tidak hanya sekedar bisa dijadikan sebagai hiasan rumah saja. Ternyata bunga ini juga bisa dimanfaatkan untuk bahan belajar. Karena didalamnya juga menyimpan filosofi tersendiri yang patut dicontoh. Berikut ini adalah deretan filosofi dari bunga matahari sebagai lambang keteladanan hidup, antara lain:

Lambang Kepatuhan

Bunga ini menggambarkan lambang kepatuhan. Seperti yang terlihat, saat matahari terbit dan terbenam, bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Tidak ada sifat pembangkang didalamnya dari matahari. Bunga ini terus menatap arah pergerakan matahari. Sehingga, bunga ini bisa dijadikan sebagai lambang kepatuhan kepada sang Pencipta.

Lambang Kesetiaan

Selain memiliki makna filosofi kepatuhan, bunga ini juga bisa melambangkan sebuah kesetiaan. Karena, saat siang dan sinar matahari tidak tertutup oleh mendung, maka bunga matahari ini selalu setiap menghadap ke arah matahari. Karena itulah bunga matahari ini sering dijadikan sebagai contoh dan panutan kesetiaan dalam hidup.

Lambang Kebahagiaan dan keceriaan

Itu adalah salah satu filosofi yang ditanamkan pada bunga matahari ini. Dengan warnanya kuning yang cerah inilah dianggap membawa kesan bahagia dan ceria. Bunga ini tidak hanya punya warna cerah dibagian kelopaknya saja. Namun, bijinya juga berwarna cerah. Sehingga, bunga ini bisa menyimbolkan perasaan bahagia dan ceria.

Cara Menanam Bunga Matahari

cara menanam bunga matahari

Siapa yang tidak ingin tahu cara mudah menanam bunga matahari dengan benar? Bunga yang disukai oleh semua orang karena kelopaknya yang cantik dan besar ini terlihat seperti matahari. Tidak hanya indah saja, bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Maka dari itulah, untuk Anda yang ingin menanamnya, berikut ini akan dikupas selengkapnya tentang tips menanam bunga matahari dengan benar, antara lain:

Siapkan dulu benih bunga matahari yang mau ditanam

Ambil biji bunganya yang mengering dan sudah layu. Kemudian, siapkan media tanamnya dari polybag atau pot. Isilah dengan campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 30:70. Semai benih bunga matahari ini ke media tanam tersebut dan siram sedikit air saja.Taruh tanaman ini di tempat yang teduh supaya tunasnya cepat muncul.

Sebelum melakukan penyemaian benih, basahi dulu tanahnya

Setelah disemai, cobalah menekan benihnya, tapi jangan dikubur ke media tanah. Dengan ujungyang lancip, buat benihnya kelihatan sedikit. Setelah 7 hari penyemaian, biji biasanya mulai berkecambah. Tunggu kecambahnya hingga tumbuh setinggi 10 cm di minggu ke-3. Jangan lupa siram dengan baik setiap hari.

Tegakkan batangnya

Bila kecambahnya mencapai 5 cm, biasanya batang pohonnya rentan. Jadi, tegakkan batangnya bila ada yang bengkok dengan menancapkan tiang bersandar. Anda bisa menutup tunas dengan gerai plastik yang ada lubangnya untuk menjaganya dari hujan atau kekeringan. Kemudian, siapkan lubang tanam 5 cm dan pindah bibit bunga matahari ini ke pot.

Bersihkan gulmanya secara rutin

Bersihkan gulmanya secara rutin dan beri pupuk susulan saat tanaman berusia 1 bulan sampai 2 bulan. Saat tanaman mulai remaja, beri pupuk kandang. Tunggu sampai bunga matahari mekar dalam 60 hari sejak penanaman atau 105 hari sejak disamai. Kini bunga matahari sudah siap mekar dan bisa segera dinikmati keindahannya.

Baca juga: Harga Bunga Mawar

Nah, itu tadi adalah cara paling mudah untuk menanam bunga matahari. Hanya saja, bunga ini sayangnya masuk dalam kategori tanaman bunga semusim. Sehingga, ketika masa bunganya selesai, tanaman ini langsung mati. Namun jangan bingung. Karena bunga yang tua dan kering bisa menghasilkan ratusan biji yang siap disemai untuk menjadi tanaman bunga matahari yang baru. Sehingga, Anda bisa menanamnya kembali menggunakan cara menanam bunga matahari di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *